Makassar – Kapal Perang siluman TNI AL, KRI (Kapal Republik Indonesia) I Gusti Ngurah Rai-332 yang dikomandani oleh Kolonel Laut (P) Henry Ballo kembali bertugas setelah selama dua hari sandar di Dermaga Hatta Makassar, Rabu (27/03/2019).

Acara pelepasan kapal perang canggih yang diawaki prajurit handal ini dilepas Komandan Lantamal VI (Danlantamal VI) Laksamana Pertama TNI Dwi Sulaksono, S.H., M. Tr (Han).

Saat di dermaga, Danlantamal VI menyampaikan bahwa selama di Makassar, KRI (Kapal Republik Indonesia) I Gusti Ngurah Rai-332 telah mengikuti latihan gabungan dengan sandi ‘ Perkasa B tahun 2019″ dibawah Komando Sektor Pertahanan Udara Nasional II (Kosek Hanudnas II)

Dan selama kapal perang ini sandar telah selesai mengisi bekal ulang (bahan bakar, air dan lain-lain) selanjutnya kembali berlayar dan bertugas menjaga kedaukatan NKRI, ujar Danlantamal VI.

“Sebelum sandar, KRI I Gusti Ngurah Rai-332 telah melaksanakan latihan gabungan dengan satuan Kosekhanudnas II untuk meningkatkan kemampuan dan menguji pertahanan udara di wilayah udara bagian tengah NKRI serta menjaga kedaulatan NKRI sebagai fungsi penegakan hukum di wilayah perairan laut Indonesia”, ujar Danlantamal VI.

Sementara itu, menurut Komandan KRI I Gusti Ngurai Rai – 332, Kapal perang Republik Indonesia yang diberi nama salah satu tokoh/Pahlawan Bali I Gusti Ngurah Rai-332 ini mampu berlatih, berpatroli dan bertahan dalam serangan antar permukaan, permukaan-udara, dan permukaan-bawah laut. “Kapal perang Kami juga memiliki mode siluman atau stealth agar tidak mudah terdeteksi,” ujarnya.

“Kemampuan siluman ini diperkuat dengan persenjataan antara lain meriam utama Oto Melara 76/62 mm super-rapid gun, rudal SSM Exocet MM40 Block 3 yang jarak jangkauannya hingga 200 km. Persenjataan lainnya adalah rudal SAM anti-serangan udara Mica, yang dirancang untuk beroperasi dalam waktu singkat”, kata Kolonel Laut (P) Henry Ballo.

Sebelum acara pelepasan , Danlantamal VI bersama Komandan Gugus Tempur Laut (Danguspurla) Komando Armada II (Koarmada II) Laksamana Pertama TNI Erwin S. Aldedharma mengunjungi KRI I Gusti Ngurah Rai-332 yang telah sandar hari Selasa tanggal 26 Maret 2019 kemarin.

Turut hadir dalam acara pelepasan KRI I Gusti Ngurah Rai-332, Wadan Lantamal VI Kolonel Laut (P) Hanarko Djodi Pamungkas , para Asisten Danlantamal VI, Dansatrol Lantamal VI, Kafasharkan Makassar, Komandan KRI Sidat-851 dan perwakilan Kadis/Kasatker Lantamal VI.(dispenlantamal VI|red)

Bagikan
Informasi  Mobil Baru Indonesia Dealer Mobil Baru Indonesia