oleh

SIAGA KEBAKARAN LANTAMAL VI SIMULASIKAN PEMADAMAN API

PB|Makasar – Untuk mengantisipasi bahaya kebakaran Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal ) VI melaksanakan simulasi pemadaman kebakaran mengunakan dengan Alat Pemadaman Api Ringan (APAR), Simulasi melibatkan seluruh personil Lantamal VI usai Upacara penaikan bendera di lapangan Arafuru hari Senin 6/03/2017.

Pada simulasi kali ini mengatasi  kebakaran menggunakan APAR. Penggunaan APAR relatif lebih mudah dan lebih aman. Dari jarak 3-5 meter, pemadam bisa menyemprotkan APAR ke material yang terbakar. Unsur kimia dari APAR akan menghentikan reaksi pembakaran yang sedang berlangsung pada material tersebut. Pada simulasi ini, Perwira, Bintara dan Tamatama serta PNS Lantamal VI mendapat kesempatan untuk mencoba APAR yang disediakan.

Sebelum memulai simulasi, terlebih dahulu disampaikan urutan langkah yang harus dilakukan oleh peserta dalam melakukan pemadaman kebakaran mengunakan berbagai macam alat tersebut. Pemberian materi dilaksanakan oleh Mayor Laut (P) Ali Sodikin  selaku perwira operasai

Mayor Laut (P) Ali Sodikin berharap seluruh Personil Lantamal VI memiliki kemampuan untuk melakukan upaya dini pemadaman kebakaran, tidak sepenuhnya menggantungkan harapan kepada petugas pemadam kebakaran. Perambatan api yang sangat cepat membutuhkan penanganan yang cepat pula.

Kegiatan simulasi dan pelatihan pemadaman kebakaran ini bisa meningkatkan kesiapsiagaan personil Lantamal VI  bilamana mengalami peristiwa kebakaran, sehingga dapat mencegah kemungkinan kerugian yang lebih besar.(dispenlantamal VI|red)

Baca Juga