oleh

Sosok Pemimpin Yang Mencintai Rakyat, Wadansatgas TMMD

PB|Purbalingga – “Jadilah TNI yang berjuang yang mencintai dan dicintai rakyat” Presiden RI, Joko Widodo. Pesan singkat yang disampaikan Presiden RI ini tentunya memiliki makna yang sangat penting dan mendalam bagi seluruh prajurit TNI, juga selaras dengan salah satu jati diri TNI, yaitu sebagai tentara rakyat. Dimana sebagai tentara rakyat, yang anggotanya berasal dari warga negara Indonesia, maka sudah semestinya TNI senantiasa mencintai dan dicintai rakyat serta manunggal dengan rakyat.

Bukanlah pencitraan yang ditunjukkan oleh Satgas TMMD Reguler 101 Kodim 0702 Purbalingga, namun keikhlasan membantu kesejahteraan rakyat melalui TMMD tersebut. Mendapati salah seorang warga, Juned (27) warga Desa Karangjambu Rt. 10 Rw. 04 yang sedang mendorong motor di lokasi puncak Makadam, Mayor Inf. Saeroji, Wadan Satgas TMMD tanpa berpikir panjang langsung mendorong motor Yamaha Jupiter MX Juned tanpa permisi.

Kepekaan Mayor yang berasal dari Grobogan Jawa Timur ini perlu kita contoh dan teladani. Jabatannya sebagai Kasdim 0702/Purbalingga, tidak membuatnya sombong namun malah low profile dan mencintai rakyat.

“Jalan sepanjang 1.975 meter dengan lebar 7 meter ini sedang kami perkeras dengan batu, jadi motor biasa kesulitan mengakses kemari. Kendaraan trail yang sementara bisa naik kemari” ucapnya saat tinjau lokasi Makadam dalam mempersiapkan kunjungan kerja Tim Wasev Sterrem 071/WK. Selasa (10/4/18).

Sementara Juned yang mengalami mati mesin motornya mengucapkan banyak terimakasih kepada Wadan Satgas TMMD tersebut karena telah berbaik hati membantu melintasi tumpukan batu dan tanjakan terjal.

Komitmen terhadap jati diri dalam mengamalkan 8 wajib TNI inilah yang harus dipegang teguh oleh prajurit dengan mengimplementasikannya ditengah-tengah kehidupan bermasyarakat agar mampu mencintai dan dicintai rakyatnya.

Dan yang lebih utama seperti dipesankan Presiden Jokowi, adalah agar Prajurit TNI harus menjadi prajurit yang berjuang, mencintai dan dicintai rakyatnya. Karena sejatinya, rakyatlah yang menjadi inti kekuatan TNI, jika hal ini dapat diwujudkan, niscaya TNI bersama rakyat akan dapat melawan dan mengatasi setiap tantangan dan ancaman, bahkan dapat menghancurkan musuh, bangsa dan negara yang paling kuat sekalipun.(Pendim 0702|red)

Bagikan

Baca Juga