PB|Banjarnegara – “Faktor Alam” Aspek cuaca juga berperan vital dalam proses pengerjaan pembangunan di tempat terbuka, sebagai contoh di lokasi rabat beton TMMD yang sedang dibangun sepanjang 1.170 meter. Minggu (29/7/18).  

Cuaca di Kecamatan Pandanarum dan sekitarnya, akhir-akhir ini cenderung dingin kalau malam dan terik siang harinya. Dua hari ditarik mundur ke belakang cuaca sangat ekstrim, hujan es dengan suhu dibawah minus 5-7 derajat celcius terjadi di wilayah Dataran Tinggi Dieng dan sekitarnya, termasuk di lokasi TMMD Reguler 102 Banjarnegara, di Desa Pasegeran Kecamatan Pandanarum.

Jika cuaca cerah panas terik matahari menyengat, justru kondisi inilah yang dikehendaki oleh anggota Satgas TMMD dan warga sasaran. Terlihat mereka malah bersemangat dalam melangsir batu kali secara estafet dan manual untuk dikumpulkan di tepi rabat beton, yang selanjutnya didistribusikan kembali ke pos-pos pekerjaan fisik lainnya. Seperti pemastian stok batu untuk over talud dan penambahan drainase serta 1 Unit jambanisasi untuk 3 KK di Rt. Rw. 4 Dusun Karanggondang. Namun fokus utama tetap pada pos rabat beton yang progres mencapai 88 % selesai.

Untuk pos lainnya yaitu, rehab 10 Unit Rutilahu, pembangunan Pos Kamling dan bronjongisasi, sudah tidak memerlukan karena ketiganya dalam tahap finishing. Terlihat kerumunan warga dan masyarakat menantang dingin pagi hari dan terik siang hari, untuk melangsir dan mendorong material sungai ke lokasi dimaksud.(pendim0704|red|noven)

Bagikan
Informasi  Mobil Baru Indonesia Dealer Mobil Baru Indonesia