oleh

Tidak Hanya Sekedar Teori, Cara membuat Gula Semut Juga Dipraktekkan di TMMD Kodim Cilacap

260616_tumiyo1PB | Cilacap – Saat menyuluh kepada para petani gula semut di Mekarsari pada non fisik TMMD Kodim Cilacap, tidak hanya sekedar teori. Melainkan langsung dipraktekkan membuat gula semut dari gula Kelapa, dengan pembimbing Ir. Tundan Iriani, MP dari DishutBun Kabupaten Cilacap.

“Resep membuat gula semut saya sampaikan kepada Masyarakat Desa Mekarsari yang punya Gula Kelapa kemudian mau dibuat Gula Semut. Teknik ini saya dapatkan dari hasil diskusi dari kawan muda yang baru selesai kuliah, kemudian sudah punya usaha di Bidang ini,’’ Ir Tundan.

Ir. Tundan memandu, untuk membuat gula semut dari gula kelapa, harus memilih gula cetak yang bagus. Ciri-cirinya gula kalau kena panas sedikit mudah meleleh. ‘’Kalau gula yang kena panastetap keras, hati-hati, karena biasanya sudah memakai obat kimia. Saya menyarankan tidak memilih yang seperti itu, karena pembuatan gula semut hasilnya kurang memuaskan dan Tidak Bagus.’’

Selanjutnya, Tundan menyarankan, rajang gula cetak dengan pisau atau mesin perajang gula semut. Usahakan tipis-tipis hasil rajangannya, karena akan memudahkan proses pengeringan dan penghancuran gula semut. Selanjutnya, oven atau keringkan gula hasil rajangan tadi. Pilih oven yang berbahan dasar minimal alumunium, kalau bisa stainless. lakukan pengovenan sampai mencapai kadar air 5%. Lalu lakukan penepungan / perajangan hasil pengovenan gula tadi, sortir hasil penepungan, kemudian dikemas.(Pendim0703/Cilacap/red)

Baca Juga