oleh

TIM SAR GABUNGAN KOARMATIM BERHASIL TEMUKAN KORBAN TENGGELAMNYA KM.TALANG

24 TIM SAR GABUNGAN KOARMATIM BERHASIL TEMUKAN KORBAN TENGGELAMNYA KM (1)PB | Semarang –Tim Search and Rescue (SAR) gabungan yang terdiri dari Satgas SAR Koarmatim, Basarnas, Polairud dan KPLP berhasil temukan 694 korban akibat tenggelamnya Kapal Motor (KM) Talang di perairan selatan Kepulauan Karimun Jawa, pada Senin tanggal 20 Juni 2016 kemarin. Jumat, (24/6/2016).
Dalam proses pencarian tersebut, tim SAR Koarmatim mengerahkan 1 Helly dan 1 Pesud untuk mencari korban melalui udara, sedangkan tim SAR unsur laut dibagi menjadi tiga tim yang bertugas menyisir di perairan sekitar Kepulauan Karimun, karena diprediksi korban sudah terbawa arus sejak empat hari yang lalu setelah kecelakaan terjadi.
Setelah melakukan pencarian selama 2 jam akhirnya korban pertama berhasil di temukan oleh KRI Kakap-811 dalam kondisi meninggal, selanjutnya daerah pencarian dipersempit di sekitar korban ditemukan. Berkat kerja jeras dan pantang menyerah dari tim SAR gabungan, kembali berhasil menemukan satu persatu korban, baik yang masih hidup maupun sudah meninggal. Menurut keterangan korban yang berhasil selamat, diperkirakan masih ada korban yang terjebak di dalam bangkai Kapal Talang yang tenggelam. Berdasar informasi tersebut, Komandan Satuan Tugas Laut (Dansatgasla) SAR Kolonel Laut (P) Haris Bima Bayuseto, S.E., memerintahkan tim Satkopaska Koarmatim dan tim penyelam Dislambair Koarmatim melaksankan penyelaman guna mencari korban lainnya. Akhirnya selama 1 jam pencarian, tim Kopaska dan Dislambair berhasil menemukan korban dalam kondisi kritis untuk dilakukan evakuasi menggunakan heli dan dibawa menuju Pangkalan Udara Militer Angkatan Darat (Lanumad), dan selanjutnya korban dibawa menuju Rumah Sakit Umum Tugurejo Semarang untuk menerima tindakan medis. 24 TIM SAR GABUNGAN KOARMATIM BERHASIL TEMUKAN KORBAN TENGGELAMNYA KM (2)
Setelah pencarian selama 5 jam, mulai pukul 5 hingga pukul 10 waktu setempat, pencarian dihentikan karena diperkirakan korban telah berhasil ditemukan semua berdasarkan data penumpang. Akhirnya Dansatgasla SAR Kolonel Laut (P) Haris Bima Bayuseto, S.E., menugaskan kembali kepada seluruh unsur SAR laut kembali ke pangkalan untuk mengevakuasi korban selamat maupun meninggal. Berdasarkan data yang diperoleh dari jumlah keseluruhan korban berjumlah 694 korban yang berhasil ditemukan oleh unsur SAR laut diantaranya, KRI Kakap-811 dengan Komandan KRI Mayor Laut (P) Hastria Dwi Prakoso dan KN. Kumba berhasil menemukan 143 korban selamat dan 3 orang meninggal, KRI Layang-635 dengan Komandan KRI Letkol Laut (P) Nopriadi berhasil selamatkan 28 korban dan 3 orang meninggal, sedangkan KRI Makassar-590 dengan Komandan KRI Letkol Laut (P) Elmondo Samuel Sianipar serta KN. Sadewa berhasil menemukan 515 korban selamat dan 1 orang meninggal, dan Heli pun berhasil mengevakuasi 1 korban selamat dalam kondisi kritis.
Sesampai di dermaga langsung dilaksanakan evakuasi, untuk korban ringan mendapat perawatan medis di posko kesehatan yang berada di dermaga, sedangkan pasien dengan luka berat segera di evakuasi di tiga rumah sakit di Semarang.
Semua itu merupakan skenario Latihan Kesiapsiagaan Koarmatim Tahun 2016 dalam rangka melaksanakan latihan Operasi Militer Selain Perang yaitu opersai bantuan SAR kepada Basarnas guna pencarian dan penyelamatan korban musibah kecelakaan laut.
Latihan operasi  dengan nama sandi Jala Pawana-16, dan tema, “Koarmatim dan jajarannya melaksanakan operasi bantuan pencarian dan pertolongan (SAR) kepada Basarnas di wilayah perairan Yuridiksi Nasional, Bagian Timur Indonesia untuk mencari dan menyelamatkan korban akibat bencana atau kecelakaan di laut dalam rangka Operasi Militer Selain Perang.”24 TIM SAR GABUNGAN KOARMATIM BERHASIL TEMUKAN KORBAN TENGGELAMNYA KM (3)
Dalam latihan tersebut disaksikan langsung oleh Pangarmatim Laksda TNI Darwanto, S.H.,M.A.P., bersama Dankodiklat TNI Mayjen TNI Dedi Kusnadi Thamim, Danpuslat Kodiklat TNI Marsma TNI Timbang Sembiring. M. Dirlat Kodiklat TNI Brigjen TNI Awaluddin, S.E., dan Tim Penilai Kodiklat TNI lainnya, serta Asops Pangarmatim Kolonel Laut (P) Arsyad Abdullah, Asintel Pangarmatim Kolonel Laut (E) Yanuar Adi Legowo, S.H., M.A.P.,M.Si (Han), Aslog Pangarmatim Kolonel Laut (T) Kasih Prihantoro, S.E.,M.M., selain itu, Kadiskomlekarmatim Kolonel Laut (E) Sukarnoto, S.T.,M.Sc, Kadislambairarmatim Kolonel Laut (T) Erwin Christiyadi Gora, Kadiskesarmatim Kolonel Laut (K) dr. Sapta Prihartono Rachman, Sp.BA Komandan Lanal Semarang Kolonel Laut (P) Elka Setyawan, dan Dansatkopaskaarmatim Letkol Laut (P) Henricus Prihantoko, serta perwakilan dari instansi lain yang terlibat latihan.(dispenarmatim/ivan/red)

Bagikan

Baca Juga