PB|Banjarnegara – Sangatlah tepat jika banyak pihak menilai Desa Pasegeran Kecamatan Pandanarum dijadikan objek sasaran TMMD Reguler 102 Kodim 0704 Banjarnegara.Senin (30/7/18)

Meski lokasi cukup sulit dan jarak dari pusat pemerintahan 53 kilometer, sehingga dalam pendistribusian material juga memerlukan tenaga dan biaya ekstra, namun dari segi manfaat yang akan dipetik warga masyarakatnya nanti sangatlah tepat.

Terkait dengan pilihan tersebut, warga masyarakat Pasegeran menyambut antusias dan berharap Kodim 0704 Banjarnegara dapat berbuat lebih dari sejumlah target yang terprogram. Semisal, selain rehab 10 Unit rumah yang sudah ditentukan menjadi sasaran renovasi, warga berharap ada tambahan. Masih ada beberapa lagi rumah warga yang tidak layak huni tersebar di 4 dusun lainnya di wilayah Desa Pasegeran, yaitu di Dusun Karang Gondang, Penanggungan, Kroya dan Jumbleng. Tentunya manajemen waktu dan jumlah sasaran yang terprogram harus diutamakan baru mengejar over fisik TMMD.

Dinyatakan Kades Pasegeran, Aris Winarno, bahwa pihaknya mengakui jika masih ada warganya yang memiliki rumah tidak layak huni. Penyebabnya adalah faktor ekonomi, warganya masih mengandalkan dari hasil ladang maupun sawah untuk mencukupi harian.

Jadi secara umum, mayoritas warga setempat adalah petani, peternak dan beberapa pengrajin lokal, sehingga taraf hidup mereka dapat dikatakan masih kurang atau SDM lemah. Selain faktor tersebut, banyak warga yang belum mempunyai sanitasi/jamban dan Poskamling, sehingga TMMD Reguler 102 Banjarnegara membangun 31 jamban bagi warga dan 2 untuk umum serta 1 Unit Poskamling.

Dikatakan Dandim 0704 Banjarnegara, Letkol Inf. Bagas Gunanto (Dansatgas TMMD) “Untuk mengakselerasi perekonomian warga dan kualitas pendidikan, maka akses jalan yang rusak, becek dan setapak, sedang dibangun sepanjang 1,1 kilometer lebar 3 meter. Kedepan harapannya adalah dapat merangsang serta mendongkrak ekonomi dan pendidikan warga Pasegeran dan sekitarnya.” ungkapnya.

Terlihat gambar, kondisi awal akses desa sebelum dibangun dalam program TMMD Reguler 102 Banjarnegara.(pendim0704|red|noven)

Bagikan
Informasi  Mobil Baru Indonesia Dealer Mobil Baru Indonesia