oleh

TINGKATKAN PROFESIONALISME, PRAJURIT LANTAMAL VI LATIHAN BONGKAR PASANG SENJATA

PB|Makassar – Sekitar 100 prajurit  Pangkalan Utama TNI AL VI (Lantamal VI)  dari perwira hingga tamtama  mengikuti latihan bongkar pasang senjata di Markas Komando Lantamal VI, Rabu ( 01/03/2017)

Mereka merupakan para personel militer yang ingin mengasah naluri tempurnya dan meningkatkan kemampuan serta profesionalisme TNI dalam hal alusista senjata. Yaitu senjata laras panjang jenis SS1 dan laras pendek pistol jenis sigsauer.

Kegiatan setelah apel pagi di lapangan Arafuru Lantamal VI itu dilakukan dengan meletakkan senjata-senjata yang dibongkar dan dipasangan di atas meja. Ada juga diletakan dilantai.

Sebelum latihan dilakukan, seorang pelatih yang berasal dari Staf Operasi Denma Lantamal VI memberikan ulasan tentang anatomi dan teknis pelaksanaan bongkar senjata api.

Pembinaan dan latihan  ini dilaksanakan dalam rangka persiapan uji terampil Pangkalan 1 (P1) dan Pangkalan 2 (P2).

Menurut pengendali latihan yang juga Pabandya Ops Lantamal VI Mayor Laut (P) Ali Sodikin  latihan bongkar pasang senjata ini sangat berguna untuk meningkatkan kemampuan setiap personelnya. “Kami berharap semua personil Lantamal VI tidak hanya mahir menembak, tetapi juga terampil saat melakukan bongkar pasang senjata, ,” ujarnya saat mengawasi anggota melakukan latihan bongkar pasang senjata.

Ditambahkan, ketrampilan bongkar pasang senjata tersebut sebenarnya telah mereka dapatkan selama menjalani pendidikan. Namun diasah lagi supaya lebih mahir. Selain meningkatkan kemampuan personel, latihan bongkar pasang senjata juga bermanfaat membersihkan senjata dan mempersiapkan senjata mereka untuk bisa digunakan sewaktu-waktu.

“Tidak menutup kemungkinan pada saat penugasan personel yang bersangkutan akan menemui kendala dalam penggunaan senjata. Untuk itu diperlukan personel yang cekatan dan terampil dalam menangani kendala senjata tersebut,”  Lanjut Mayor Ali.

Ditempat yg sama juga dilaksanakan latihan pemantapan penaikan bendera merah putih dan upacara pemakaman militer.(dispenlantamal VI|ts|red)

Baca Juga