Cilacap – TK Hang Tuah XX Cilacap bersama Pengurus Jalasenastri Cabang 3 Korcab V DJA II mengadakan kunjungan ke salah satu Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Frans Kaisepo (FKO) 368 yang berada di jajaran Koarmada II Surabaya di Dermaga Tanjung Intan Cilacap, Kamis (23/05).

Dalam kunjungannya ke KRI Frans Kaisepo 368 rombongan siswa-siswi dan Pengurus Jalasenastri diterima langsung oleh Komandan KRI Letkol Laut (P) I Gede Putu Iwan, diwaktu yang sama diserahkan berupa bingkisan dari Ny. Hetty Teguh Iman Wibowo (Ketua Cabang 3 Korcab V Daerah Jalasenastri Armada II) kepada Komandan KRI didampingi oleh Palaksa KRI FKO 368 Letkol Laut (P) Fadlon, selanjutnya rombongan dipandu oleh anggota KRI FKO 368.

Para siswa-siswi dan Jalasenastri, menerima penjelasan antara lain pengenalan beberapa ruangan yang ada di kapal, seperti anjungan kapal, ruang alat peralatan navigasi, lounge room perwira dan anggota serta penjelasan tentang tata cara kehidupan di kapal perang. Selain itu para siswa-siswi TK Hang Tuah dan Jalasenastri ini juga diberikan kesempatan untuk melihat dari dekat tentang peralatan maupun persenjataan yang ada di KRI FKO 368 secara bergantian dan terpimpin.

Selama melakukan kunjungan para siswa-siswi tampak bersemangat dan sangat antusias, hal ini terlihat dengan banyaknya pertanyaan pada saat pemandu memberikan penjelasan.

Kunjungan siwa-siswi TK Hang Tuah XX yang beralamat di Jalan Srikandi Komplek TNI AL Gumilir Cilacap, dipimpin ketua rombongan Ibu Heni Pertiwi, yang diikuti sebanyak 48 murid 5 guru pendamping, 48 wali murid.

Sementara menurut Anggota Pengawas Perwakilan Yayasan Hang Tuah Cilacap  Ny. Hetty Teguh Iman Wibowo  yang hadir untuk memberikan semangat kepada anak-anak menyampaikan bahwa  tujuan dari kunjungan siswa-siswi TK Kang Tuah XX ke KRI FKO 368 ini selain sebagai wisata bahari, juga dalam rangka untuk memperkenalkan dari dekat tentang kapal perang yang dimiliki TNI Angkatan Laut khususnya dijajaran Koarmada II Surabaya.

Kegiatan ini sangat penting sekali dilakukan untuk memberikan pengetahuan non-formal yang mungkin belum pernah didapatkan di dalam kelas, sehingga anak anak itu bisa mendapatkan tambahan pengetahuan pengalaman” ujarnya.(Pen-Lanal-Cilacap)

Setelah berkunjung di Mako Pangkalan TNI Angkatan Laut  (Lanal) Cilacap, sebanyak 36 orang siswa-siswi Taman Kanak Kanak (TK) Hangtuah XX Cilacap melaksanakan kunjungan ke Kapal Angkatan Laut (KAL) Pulau Serayu.

Dalam kunjungan tersebut seluruh siswa siswi, guru/pembina  siswa diajak mengelilingi beberapa bagian kapal sambil menerima penjelasan dari ABK tentang fungsi bagian-bagian dan peralatan yang ada, di antaranya anjungan, peralatan navigasi, peralatan komunikasi, peralatan dan keselamatan yang ada di KAL Serayu.

Masih dalam rangkaian kunjungan, siswa siswi TK Hang Tuah XX juga diberi kesempatan untuk meriksa kesehatan gigi, serta THT di Balai Kesehatan Lanal Cilacap,  mereka sangat senang dan antusias dalam mengikuti kegiatan tersebut.

Sementara menurut Anggota Pengawas Perwakilan Cilacap Yayasan Hang Tuah sekaligus Ketua Cabang 3 Korcab V DJA II Ny. Hetty Teguh Iman Wibowo  yang hadir untuk memberikan semangat kepada anak-anak menyampaikan bahwa  selain sebagai sarana pendidikan serta pengetahuan kegiatan ini, juga dalam rangka untuk memperkenalkan dari dekat , sarana dan fasilitas baik Mako, Kapal Angkatan Laut maupun  Balai Kesehatan  yang dimiliki Lanal Cilacap.

Kegiatan ini sangat penting sekali dilakukan untuk memberikan pengetahuan non-formal yang mungkin belum pernah didapatkan di dalam kelas, sehingga anak anak itu bisa mendapatkan tambahan pengetahuan pengalaman” ujarnya.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Ketua Yayasan Hang Tuah Ny. Suwandi beserta pengurus, Kasatdik Ny. Heny Pertiwi  Spd. Aud, beserta Guru dan Pembina. (dispen lantamal V|red|noven)

Bagikan