tmmd-bangkitkan-kembali-budaya-semangat-gotong-royong-1 PB | Cilacap – TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) yang akan bergulir saat ini dalam TMMD ke-97 diseluruh wilayah tanah air yang dilaksanakan TNI AD merupakan bentuk dan sebagai wahana membangkitkan kembali semangat kegotong royongan masyarakat.

Budaya gotong royong merupakan tradisi bangsa Indonesia yang diwariskan nenek moyang bangsa, hal tersebut sesuai yang diamanatkan dalam UUD 1945 dan Pancasila. Gotong royong juga sebagai bentuk penanaman nilai nilai Pancasila karena dengan bergotong royong, persatuan dan kesatuan bangsa dapat terwujud. Oleh karena itu, untuk mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa.

TNI khususnya TNI AD melalui program TMMD nya untuk selalu berupaya membangkitkan kembali semangat budaya dan tradisi bangsa yang pada akhir akhir ini budaya gotong royong sudah semakin luntur dan bahkan hilang di masyarakat.

Selain hal tersebut juga sebagai wahana meningkatkan dan mempererat kemanunggalan TNI dengan Rakyat. TMMD yang dilaksanakan diseluruh wilayah tanah air dilaksanakan dengan berbagai kegiatan baik fisik maupun non fisik.

Dengan dilaksanakannya program TMMD dipelbagai daeràh menunjukkan bahwa TNI AD serius dan turut serta mendukung program pemerintah dalam percepatan pembangunan di daerah khususnya daerah terpencil serta untuk mewujudkan pertahanan negara.tmmd-bangkitkan-kembali-budaya-semangat-gotong-royong-2

Salah satu wujud nyata gotong royong yang dilaksanakan dalam TMMD dengan dilaksanakannya kegiatan secara bersama sama antara TNI, Polri, pemerintah daerah, unsur terkait serta warga masyarakat yang secara langsung memperoleh dampak dari pelaksanan kegiatan TMMD ini.

Dalam TMMD Reg Ke-97 yang akan digelar diwilayah Kodim 0703/Clp di Dusun Pitulasi Desa Mekarsari Kec.Cipari Sidareja Kab.Cilacap, masyarakat dalam Pra TMMD yang telah digulirkan ini, berbaur bersama TNI membangun daerahnya guna menyongsong masa depan yang lebih baik.

Mereka sangat antusias karena dengan membangun Desanya secara bersama-sama adalah untuk kemaslahatan masyarakat seperti melaksanakan kegiatan membuka jalan tembus antar desa/dukuh ataupun dengan membangun dan memperbaiki sarana dan prasarana infrastruktur lainnya seperti irigasi, rumah tinggal, tempat ibadah dan sebagainya dapat meningkatkan kesejahteraan mereka sendiri serta meningkatkan roda perekonomian mereka sehingga hal ini dapat memperbaiki dan meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian masyarakat yang terdampak program TMMD.

Seperti yang disampaikan Edi Susanto, Perangkat Desa sekaligus sebagai Ketua Kelompok tani Dewi Sri di Dusun Pitulasi RT. 01/06 Desa Mekarsari Kec.Cipari mengemukakan bahwa di Dusun Pitulasi Desa Mekarsari daerah tadah hujan, sedangkan warga masyarakat Dusun Pitulasi sebagia besar penduduknya mata pencahariannya buruh tani, jumlah penduduk 1089 jiwa 272 Kepala keluarga, dan dalam segi pendidikan pada umumnya masyarakat hanya lulusan Sekolah Dasar.

Dia sangat berharap kepada pemerintah agar warga Dusun Pitulasi terhindar dari Urbanisasi, maka dengan tekadnya yang sekian lama mendambakan saluran irigasi bisa terealisasi pada TMMD Ke-97 ini.

Ia juga mengharapkan agar masyarakat Dusun Pitulasi bisa turut bertani guna
menyukseskan Swasembada pangan yang dicanangkan Pemerintah.

“Dengan memanfaatkan sungai, maka pengendaliannya bisa menjadi dipermudah walaupun memang tidak bisa sepenuhnya dikontrol oleh manusia lantaran masih tergantung dari alam. Tapi setidaknya alam itu bisa dikontrol sedemikian rupa sehingga bisa memenuhi setidaknya mendekati apa yang diharapkan para petani”, ujarnya.

Akan tetapi, lanjutnya. Keberadaan sungai yang airnya mengalir sepanjang tahun tidak bisa dimanfaatkan dengan optimal oleh petani. Hal ini dikarenakan kondisi lingkungan yang menuntut pengelolaan yang baik yang salah satunya adalah kebutuhan terhadap saluran irigasi dan pompa air. Dengan keberadaan pompa air dan irigasi tersebut, maka memungkinkan untuk mengatur kuantitas air, kualitas, dan juga dalam pengaturan waktu sebagaimana yang dibutuhkan oleh petani.

Sementara itu salah satu warga masyarakat, Wagiman menyampaikan atas nama masyarakat Dusun Pitulasi RT 01/06 Desa Mekarsari khususnya, kami mengucapkan terimakasih yang tak terhingga kepada TNI Kodim 0703/Cilacap dan pemerintah daerah yang telah menujuk Desa Mekarsari Dusun Pitulasi sebagai pusat dilaksanakannya TMMD ke-97 tahun ini. Mudah-kegiatan ini dapat berjalan lancar, sukses dan membawa kebahagian bagi masyarakat kami.

Menurut tokoh masyarakat Dusun Pitulasi tersebut, pembangunan irigasi yang akan dilaksanakan ini merupakan impian masyarakat sejak dahulu karena Dusun ini merupakan
daerah tadah hujan, mudah-mudahan dengan adanya kegiatan TMMD ini pembangunan irigasi serta pembangunan lainya yang meliputi pos kamling, MCK dan rehab RTLH akan menambah kemajuan Desa Mekarsari khususnya Dusun Pitulasi.

“Masyarakat Dusun Pitulasi siap untuk mensukseskan kegiatan TMMD ke-97 dan turut berpartisipasi serta menjaga hasil pembangunan TMMD ke-97 tersebut. Kami atas nama warga juga mengucapkan apresisasi dan terima kasih yang tak terhingga kepada TNI, Polri dan semua pihak yang telah membantu dan berkontribusi dalam program TMMD Ke-97 yang dipusatkan di Dusun Pitulasi Desa Mekarsari”, ujarnya. (Pen/red)

Bagikan
Informasi  Mobil Baru Indonesia Dealer Mobil Baru Indonesia