Batang– Hal tersebut disampaikan Pangdam IV Diponegoro Mayjen TNI Wuryanto, saat membacakan amanat Kasad dalam Upacara Penutupan TMMD Reguler 103 Kodim 0736 Batang di Lapangan Desa Durenombo Kecamatan Subah yang disaksikan ratusan orang. Selasa (13/11/2018).

“TNI Manunggal Rakyat dalam Mewujudkan Desa yang Maju, Sejahtera dan Demokratis.” Tema yang diambil dalam membangun wilayah tanah air mulai dari pinggiran, atau membantu daerah-daerah yang belum tersentuh pembangunan secara merata melalui pembangunan infrastruktur pedesaan. Dengan membuka 52 km lebih jalan baru maupun peningkatan jalan dengan total panjang 326 Km, maupun pembangunan dan rehabilitasi puluhan jembatan dan rumah-rumah tidak layak huni, tempat ibadah, sekolah serta perbaikan berbagai prasarana sanitasi masyarakat.

“TMMD juga sekaligus sebagai momentum untuk menggelorakan kembali semangat gotong-royong serta memantapkan apa yang disebut Imunitas Bangsa. Ini adalah wujud kepedulian TNI AD dalam memandang persoalan sosial yang berakar dari perubahan sikap hidup dan pudarnya nilai-nilai luhur budaya bangsa. Seperti semangat untuk bersatu, menghormati perbedaan, pantang menyerah dan rela berkorban,” ungkapnya.

Konsep pemikiran ini merupakan salah satu jawaban atas kondisi bangsa yang lebih mementingkan pembangunan fisik dan melupakan pembangunan nilai yang juga merupakan kunci kemajuan budaya di tengah kompetisi global. Untuk itu TNI bekerjasama dengan Kementerian Dalam Negeri, juga membangun sasaran Non Fisik TMMD, melalui pemberian penyuluhan/pelatihan kepada para perangkat desa agar dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mengelola dana desa.

Selain itu TMMD juga bersinergi dengan 8 Lembaga pemerintah setingkat Kementerian. Diketahui Kemenag berkontribusi memberikan bantuan Al-Qur’an, Kementerian Perindustrian memberikan bantuan semen dan material untuk pembangunan jalan dan rehabilitasi rumah.

“Selanjutnya pelayanan kesehatan melalui Kemenkes, penyuluhan Bela Negara oleh Kemenhan, penyuluhan kesadaran hukum dan bahaya Narkoba dari Kepolisian RI, dukungan bibit pohon dan penyuluhan tentang lingkungan hidup oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Belum lagi kontribusi dari mitra TNI  dan organisasi kemasyarakatan yang sangat aktif dalam berbagai kegiatan bakti sosial.” tutupnya. (kodim batang|red|noven)

Bagikan