PB|PURBALINGGA – Gambaran sederhana namun istimewa mendadak viral di dunia maya Wong Purbalinga. Dalam foto tersebut, memperlihatkan seorang bocah mengenakan seragam tentara memberikan penghormatan kepada salah satu Satgas TMMD, Koptu Puji, saat perayaan Hari Kartini di Desa/Kecamatan Karangjambu, Desa sasaran TMMD Reg. 101 Kodim 0702 Purbalingga. Dalam sekejap diunggah, ratusan like beserta sejumlah comment positif menghujani postingan itu. Sebagian besar warga net merasa bangga dengan nasionalisme bocah tersebut.

Bocah dalam foto tersebut diketahui bernama Dika (10) warga Desa/Kecamatan Karangjambu Rt. 10 Rw. 04, saat difoto oleh jurnalis lapangan Satgas TMMD, Sertu Yono Setyadi. Bocah yang masih menempuh pendidikan di SD N 1 Karangjambu tersebut mengungkapkan, gerakan menghormat TNI tersebut ia lakukan secara spontan saja sat melihat Koptu Puji yang sedang melaksanakan pengamanan jalan perayaan Hari Kartini. “Saya lihat ada tentara, jadi saya langsung hormat. Hormat grak” ucapnya polos.

Dengan sikap tegak, ia pun lalu mengangkat tangannya menghormat ke Koptu Puji. Dengan polos juga, bocah 10 tahun tersebut mengatakan bahwa hormat kepada tentara dilakukannya sebagai wujud penghormatan kepada para pahlawan bangsa (TNI), yang ketahuinya, pada dahulu kala para pahlawan tersebut termasuk ulama dan santri telah berjuang merebut kemerdekaan dengan perjuangan yang tidak mudah.

“Karena saya Indonesia, jadi saya harus menghormati,” lugasnya. Saat ditanya cita-cita oleh Sertu Yono, Dika tanpa pikir panjang langsung menjawab ingin menjadi TNI. Kehidupannya di lingkungan keluarga dan lingkungan masyarakat yang merupakan anggota TNI rupanya membuat bocah tersebut ingin meneruskan jejak sang kakek.

Jadi dengan TMMD Reguler ke 101 Kodim 0702 Purbalingga, dengan banyaknya TNI Satgas TMMD di desa sang bocah, cukup menanamkan jiwa nasionalisme kepada para Anak-anak disana, meski cuma sepele, tapi ini adalah suatu kebanggan bahwa Anak-anak Karangjambu juga cinta Indonesia dan ingin mengabdi sepenuhnya kepada bangsa dan negara melalui TNI.(Pendim 0702|red)

Bagikan
Informasi  Mobil Baru Indonesia Dealer Mobil Baru Indonesia