oleh

TNI AL HARUS MAMPU MENGEMBANGKAN MEDIA BERBASIS TEKNOLOGI

Jakarta –Seiring perkembangan teknologi informasi sekarang ini, ke depan TNI AL harus mampu menjawab tantangan dalam menghadapi teknologi dengan mengembangkan media yang berbasis teknologi. Demikian dikatakan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M., saat meresmikan revitalisasi Media Center TNI Angkatan Laut di Gedung B4, Dinas Penerangan Angkatan Laut (Dispenal), Markas Besar Angkatan Laut (Mabesal), Cilangkap Jakarta Timur, Selasa (19/5). Acara peresmian ditandai dengan pembukaan selubung “Media Center TNI Angkatan Laut”, penandatanganan piagam revitalisasi serta penulisan pesan Kasal kepada Dispenal.

Revitalisasi Media Center TNI AL itu meliputi pembangunan renovasi ruangan dan peremajaan peralatan sistem monitoring serta pengembangan aplikasi dalam pelaporan dan penyebaran informasi kepada prajurit TNI AL maupun masyarakat umum. Media Center TNI AL tidak hanya berfungsi sebagai sarana publikasi, namun juga sebagai pusat monitoring berita-berita TNI AL yang dimuat di media elektronik, cetak maupun online.

Sementara itu, Kasal dalam sambutannya mengatakan bahwa keberadaan Media Center TNI AL yang di dalamnya meliputi Radio Jalesveva Jayamahe, JJM TV, Website dan Media Sosial harus mampu memberikan informasi kepada prajurit TNI AL di penjuru tanah air termasuk prajurit yang sedang bertugas di luar negeri. “Supaya antar prajurit TNI AL dapat tercipta jalinan kebatinan, emosional dan psikologis. Keberadaan Media Center TNI AL itu adalah sebagai sarana mendidik knowledge prajurit TNI AL”, jelas Kasal.

Media Center yang dikembangkan berbasis teknologi dengan konsep Mobile Media Center (MMC) itu merupakan hasil inovasi dan kreatifitas Dispenal. Dirancang untuk memenuhi kebutuhan informasi yang menuntut kemudahan dan kecepatan melalui aplikasi mobile phone. Keunggulan aplikasi MMC ini antara lain terintegrasinya secara realtime dengan seluruh jajaran TNI AL dan kemudahan dalam mengakses perkembangan berita, kapanpun dan di manapun.

“Embrio MMC ini harus dikembangkan dan dievaluasi terus menerus dan perlu dilengkapi kerjasama dengan media lokal, nasional dan internasional untuk membangun jaringan informasi”, tambah Kasal.

Pada kesempatan tersebut, Kasal juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Kadispenal beserta jajarannya yang telah mengembangkan dan membuat inovasi aplikasi MMC TNI AL. Diharapkan Media Center tersebut dapat menjawab setiap tantangan teknologi di bidang informasi.

Sementara itu sebelumnya, Kepala Dinas Penerangan Angkatan Laut (Kadispenal) Laksamana Pertama TNI Mohamad Zaenal, S.E., M.M., MSoc. Sc., dalam paparannya menyampaikan bahwa, Revitalisasi Media Center TNI AL tersebut merupakan Program Kerja Dispenal Tahun 2020 dan merupakan bentuk implementasi perhatian pimpinan TNI AL dalam mendukung perkembangan Dispenal. Menurut Kadispenal terdapat tiga poin penting yang dilaksanakan dalam revitalisasi Media Center TNI AL ini yakni; revitalisasi teknologi monitoring, sistem informasi berbasis aplikasi MMC dan renovasi ruang kerja.

Dalam kesempatan tersebut dilaksanakan pula pengenalan aplikasi MMC TNI AL oleh Sekdispenal Kolonel Laut (E) Nevy Dwi Soesanto, S.T., CHRMP., yang mengatakan bahwa aplikasi MMC terdiri dari delapan menu utama yaitu menu informasi, multimedia, agenda dan layanan publik yang dapat diakses oleh masyarakat. Sedangkan empat menu lainnya, yang hanya dapat diakses oleh personel TNI AL adalah menu laporan, direktif, diskusi dan kontak.

Hadir pada kesempatan tersebut Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksdya TNI Mintoro Yulianto, S.Sos., M.Si., para Pejabat Utama Mabesal, serta para Kepala Dinas jajaran Mabesal. (dispenal|ivan|mark)

Baca Juga