oleh

Tua Usia, Tak Halangi Kakek 80 Tahun Kerja di Jalan TMMD

PB|PURBALINGGA – Usianya 80 tahun keatas, adalah usia yang cukup uzur bagi seseorang untuk bekerja, terutama dalam pekerjaan yang berkutat dengan fisik. Namun usia tidak menjadi penghalang bagi Wiryono (80) warga Rt. 06 Rw. 05 Desa/Kecamatan Karangjambu dalam ikut terjun kelokasi pembangunan jalan yang dilakukan oleh TNI dan warga tetangganya.

Mbah Wir sapaan akrabnya, pagi ini dirinya sengaja membawa karung bekas untuk membantu pembangunan jalan di desanya. Pekerjaan yang akan dilakoninya adalah membantu Satgas TMMD dan warga melanjutkan pembuatan parit di sepanjang Makadam TMMD Reguler 101 Purbalingga.

Praktis, secara alamiah diusianya sekarang ini, otot-ototnya kendur dan tidak bertenaga tetap dia kerahkan dan tidak menghalangi Mbah Wir untuk ikut bekerja dan ikut bergotong royong. Semangat yang luar biasa, untuk bergabung dengan Satgas TMMD dan warga lainya yang notabene dengan umur jauh dibawahnya.

Mbah Wir menyatakan bahwa, keikut sertaannya bergotong-royong dalam gelaran TMMD di desanya semata-mata sebagai wujud rasa syukurnya atas pembangunan di desa yang sampai diusia tersebut baru didapatkannya. Jalan yang semula setapak, terjal dan licin pada saat hujan, kini dirubah menjadi jalan selebar 7 meter dengan panjang 1.975 meter yang dilakukan oleh jajaran TNI Kodim Purbalingga.

”Usia saya sudah tua, namun demikian saya perlu mengucap syukur yang saya wujudkan dalam ikut bergotong royong di TMMD ini, apalagi membangun jalan” tandasnya.

Menurutnya, “Jalan mengingatkannya akan sejarah saat perlawanan rakyat Indonesia kepada Kompeni Belanda” imbuh Mbah Wiryono.

Apa yang dilakukan kakek 80 tahun tersebut membuat para Satgas TMMD dan warga lainnya, terpacu untuk segera merampungkan pembuatan parit tersebut. Karena jika kakek setua itu bisa kenapa yang masih muda ogah-ogahan.(Pendim 0702|red)

Bagikan

Baca Juga