Makassar – Tumpas perompak di Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) II, Komando Armada II (Kormada II) Pangkalan Utama TNI AL VI (Lantamal VI) Makassar kerahkan 120 prajurit dan 3 kapal perang Rabu (05/03/2019).

Tepatnya di laut Barombong Makassar, 120 prajurit Lantamal VI di bantu kapal perang TNI AL menyerbu perompak dan membebasan ABK kapal yg disandera. Terjadilah baku tembak antara prajurit TNI AL dengan perompak, korban di pihak perompak berjatuhan dan akhirnya perompak tersebut menyerah.

Ternyata kejadian tersebut hanyalah simulasi latihan tempur laut yang digelar Kormada II Lantamal VI Makassar yang diawasi langsung Komandan Satrol (Satuan Patroli) Lantamal VI Makassar Kolonel Laut (P) Bayu Trikuncoro atas perintah Danlantamal VI Laksamana Pertama TNI Dwi Sulaksono S.H,MTr (Han).

Dansatrol Lantamal VI mengatakan 120 prajurit Lantamal VI yang ikut latihan tumpas perompak berasal dari prajurit Kapal Angkatan Laut (KAL) jajaran Lantamal VI Makassar dan prajurit Marinir Yonmarhanlan VI .

Lebih lanjut Dansatrol Lantamal VI menyampaikan latihan ini bertujuan untuk mengecek kesiapan Satrol Lantamal VI dan Yonmarhanlan VI Makassar dalam mengantisipasi terjadinya tindak kejahatan dan tindak pidana di laut.

Sedangkan 3 kapal perang Lantamal VI yang mendukung latihan ini adalah KAL Birang 1.6.611(Kapal PC 40), KAL Samalona i-6.02 (28m), Patkamla P.langkai (combat boat),serta diturunkan 1 Searider Lantamal VI guna mensterilkan lokasi latihan dari kapal- kapal nelayan yang lewat, ujar Kolonel Laut (P) Bayu Trikuncoro. (Dipenlantamal VI|red)

Bagikan
Informasi  Mobil Baru Indonesia Dealer Mobil Baru Indonesia