upacara-penutupan-latihan-pembentukan-bataliyon-raider-4PB|Cilacap – Komandan Kodim 0703/Cilacap Letkol Inf. Ferdial Lubis, MPICT menghadiri undangan Upacara Penutupan Latihan Pembentukan Batalyon Raider Gelombang IV Tahun 2016 Yonif Raider 732/BNU bertempat di Lapangan Kesatrian Amirul Isnaeni, Daun Lumbung, Jl. Veteran Kecamatan Cilacap Selatan Kabupaten Cilacap. Rabu (30/11).

Pada Upacara tersebut, bertindak sebagai Inspektur Upacara yakni Kasdam XVI/ Pattimura Brigjend TNI M. Bambang Taufik, bertindak sebagai Komandan Upacara Wadanlat Raider Letkol Inf Eko Setiawan. Perwira Upacara Kapten Chb Hasim dari Pusdikpassus yang diikuti oleh 749 siswa.upacara-penutupan-latihan-pembentukan-bataliyon-raider-1Selain Dandim 0703/Cilacap, tamu undangan yang hadir pada upacara tersebut yakni Kolonel Inf Dwi Anggoro (Pamen Ahli Bidang Kopassus), Letkol Inf Yuri Elias (Wadan Pusdikpassus) Letkol Inf Nur Heru (Dan Sekolah Raiders), Letkol Inf Yudi Purwanto (Kasi Ops Korem 071/WK), Kompol Endang H. (Kabag Sumda Polres Cilacap), Mayor Laut (PM) Utomo (Danden Pomal), Kapten Cpm H.A. Murtadho (Dansub Denpom Cilacap), Iptu Rachmat Jupriyanto (Wakapolsek Cilacap Selatan) serta Perwakilan lapas Nusakambangan
dan Perwakilan SAR dan BPBD Kabupaten Cilacap.

Pada Upacara tersebut, Kasdam XVI/ Pattimura Brigjend TNI M. Bambang Taufik membacakan amanat Kasad kepada seluruh prajurit Raider, bahwa selaku pimpinan TNI AD dan pribadi, mengucapkan selamat atas keberhasilan sekalian menyelesaikan latihan Raider dalam keadaan aman dan lancar. Latihan ini telah memberikan bekal kemampuan khusus berupa ketrampilan teknik dan taktik Raider untuk hendaknya kemampuan tersebut dipelihara dan ditingkatkan terus guna menghadapi tantangan tugas ke depan yang semakin komplek.upacara-penutupan-latihan-pembentukan-bataliyon-raider-2Dalam amanatnya, Kasad menegaskan bahwa satuan Rider merupakan satuan tempur yang memiliki kualifikasi khusus yang disiapkan untuk menghadapi perkembangan lingkungan berdasarkan hakikat ancaman yang akan terjadi di tanah air yang diproyeksikan dalam melaksanakan tugas-tugas dalam operasi Khusus seperti Raid Penghancuran, Raid Pembebasan Tawanan, operasi Mobud dan PJD.

Untuk itu prajurit Rider harus selalu siap dan mampu beroperasi segala bentuk medan dan cuaca dengan mengutamakan unsur pendadakan serta siap siaga untuk digerakkan melaksanakan tugas kapanpun dan dimanapun baik dalam rangka operasi Militer untuk perang maupun operasi militer selain perang.

Kasad mengingatkan bagi prajurit Raider agar selalu menjaga kehormatan harga dirinya serta kebanggaan sebagai prajurit Raider.
“Jadilah prajurit yang terlatih dan profesional dengan moral dan akhlak yang baik. Jangan sekali-kali menyakiti hati rakyat.” upacara-penutupan-latihan-pembentukan-bataliyon-raider-3Serta secara khusus, Kasad mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang tulus kepada Bupati Cilacap serta Muspida dan segenap komponen masyarakat yang telah memberikan dukungan baik moril maupun materiil sehingga latihan Raider dapat berjalan lancar dan aman.
Dilanjutkan penyematan Wing Baret Raider oleh Kasdam XVI/Pattimura dan para tamu undangan lainnya serta pengarahan oleh Kasdam XVI/Pattimura Brigjend TNI Bambang Taufik.

Kegiatan Penutupan Latihan Raider ini, sangat disyukuri oleh para Siswa Raider karena mereka telah menyelesaikannya dan berhak memakai Wing Raider.
Harapannya, mereka selalu siap siaga untuk digerakkan melaksanakan tugas apapun, kapanpun dan dimanapun baik dalam rangka operasi Militer untuk perang maupun operasi militer selain perang dalam rangka menjaga kedaulatan NKRI. (URIP|red)

Bagikan