30 rimpek (4)PB | Surabaya – Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) Laksamana Muda TNI Darwanto, S.H., M.A.P., didampingi oleh Ketua Daerah Jalasenastri Armatim Ny. Ina Darwanto sambut kedatangan KRI Diponegoro (DPN)-365 di Dermaga Koarmatim usai menunaikan misi Latihan Bersama (Latma) Multilateral Rim of the Pacific (Rimpac) 2016  yang dilaksanakan sejak tanggal 30 Juni hingga 4 Agustus 2016 di Joint Base Pearl Harbor Hickam, Hawaii dengan melibatkan 40 kapal perang yang terdiri dari 36 kapal permukaan dan 4 kapal selam dari 27 negara peserta, Selasa (30/08/2016).
Berakhirnya Latma Multilateral Rimpac 2016 ditandai dengan dilaksanakannya Closing Ceremony yang berlangsung meriah pada tanggal 4 Agustus 2016 di atas kapal induk USS John.C. Stennis milik Angkatan Laut Amerika Serikat, yang diikuti oleh seluruh peserta Rimpac dan dihadiri Vice Admiral Nora Tyson selaku Commander of US Third Fleet sekaligus pimpinan tertinggi dalam pelaksanaan Latma tersebut.  Closing Ceremony yang menjadi ajang perpisahan bagi seluruh peserta Rimpac terasa lebih meriah dengan ditampilkannya budaya serta hidangan khas dari masing-masing negara peserta.
Latma Multilateral Rimpac 2016 yang diselenggarakan oleh US Pacific Fleet menjadi sarana sekaligus kesempatan pelatihan unik yang membantu peserta membina dan mempertahankan hubungan kerjasama penting untuk memastikan keamanan laut di dunia. Pelaksanaan Latma Multilateral Rimpac 2016 dinilai berhasil, hal ini terlihat dari kolaborasi dan kekompakan antara peserta membuktikan bahwa seluruh peserta latihan serta semakin meningkatnya keterampilan dan profesionalisme masing-masing peserta. 30 rimpek (2)
Pangarmatim dalam jumpa pers mengatakan, Koarmatim baru saja menerima kedatangan KRI Diponeogoro-365 dan Pasukan Marinir yang baru saja melaksanakan tugas latihan bersama seluruh dunia di Hawaii dalam latihan Rimpac 2016 yang diikuti sebanyak 27 negara. “KRI Diponegoro-365 beserta 100 personil KRI telah  melaksanakan berbagai latihan perperangan yaitu perperangan udara, perperangan permukaan dan juga melaksanakan latihan VBSS, selain itu sebanyak 45 Marinir melaksanakan latihan-latihan di darat sesuai dengan kemampuannya yaitu menembak kemudian latihan mobil udara (mobud) dan latihan Shallow Water Egress Training”, ujar Pati berbintang dua tersebut.
Lanjut Pangarmatim, dengan keberhasilan para prajurit KRI dan Marinir pada Rimpac 2016 dalam melaksanakan latihan bersama Angkatan Laut terbesar di dunia, hal ini menunjukkan Indonesia sejajar dengan negara lain. Selain itu latihan ini juga dapat menjalin hubungan baik dengan negara-negara sahabat, menambah pengetahuan prajurit TNI AL melalui metode perperangan modern di laut maupun di darat dan penampilan Indonesia di Hawaii mendapat apresiasi positif dari Angkatan Laut negara lain.
KRI Diponegoro-365 yang dikomandani oleh Letkol Laut (P) Tunggul bertolak dari Hawai menuju tanah air sejak 5 Agustus lalu tidak menyurutkan semangat para Prajurit KRI Diponegoro-365 meskipun harus menerjang ombak selama melaksanakan lintas laut menuju tanah air.
Hadir pada acara tersebut, Kepala Staf Koarmatim Laksma TNI Mintoro Yulianto, S.Sos., M.Si, Komandan Guspurla Koarmatim Laksma TNI I.N.G. Ariawan, S.E., M.M., Komandan Guskamla Koarmatim Laksma TNI I.N.G. Sugihartawan, S.Pi. Komandan Pasmar 1 Brigjen TNI (Mar) Lukman S.T., M.Si (Han), Komandan Lantamal V Surabaya Brigjen TNI (Mar) Rudy Andi Hamzah, S.E., Para Pejabat Utama Koarmatim, para Komandan Satuan dan Komandan Unsur jajaran Koarmatim yang berada di Pangkalan, serta para istri Prajurit KRI Diponegoro-365.(dispenarmatim/ivan/red)
Bagikan
Informasi  Mobil Baru Indonesia Dealer Mobil Baru Indonesia