PB|Banjarnegara – “Opak Singkong Wonosobo” Ini yang coba dijelaskan Wakil Bupati Banjarnegara, H. Syamsudin, S.Pd, kepada Brigjen TNI Binarko Sugihantyo, Asistensi dari Staf Teritorial Angkatan Darat, saat melaksanakan pengawasan dan evaluasi TMMD Reguler 102 Banjarnegara. Kamis (26/7/18).

Dibeberkan Syamsudin bahwa, ”Opak adalah sejenis kue kering bertekstur renyah terbuat dari singkong dengan bumbu sederhana, hanya bawang putih dan bumbu dasar lainnya. Rasanya renyah dan cukup mudah untuk dikonsumsi. Masyarakat disini, termasuk Mbah Tinem biasanya menyajikannya untuk cemilan dan suguhan saat ada tamu berkunjung ke rumah. Jadi apa yang diupayakan Mbah Tinem untuk menghormati anda Ndan,” ungkapnya.
Cara Pembuatan Opak Singkong.

Dilanjutkannya, makanan khas ini ciri khas dari Kabupaten Wonosobo, dengan bahan-bahan antara lain 2 kg singkong, 6 siung bawang merah-daun seledri secukupnya-daun bawang yang ketiganya diiris halus serta garam dan cabe merah yang dihaluskan secukupnya.

Cara pengolahannya adalah kupas singkong dan bersihkan, kemudian kukus singkong tersebut sampai matang dan angkat. Haluskan singkong yang telah dikukus kemudian campur dengan garam, irisan bawang merah dan cabe merah. Semuanya dicampur menjadi satu kemudian aduk sampai rata. Langkah selanjutnya adalah tambahkan irisan daun bawang dan seledri, aduk sampai semuanya rata. Aduk adonan sekali lagi sampai benar-benar rata, barulah kemudian dicetak sesuai dengan selera, kemudian jemur sampai kering.

Dan terakhir untuk proses memasaknya adalah, menggoreng opak tersebut dengan minyak panas dan bara yang kecil.

“Jadi inilah Ndan makanan tradisional penyambutan tamu kehormatan bagi Mbah Tinem, mudah dibuat dan rasanya silahkan dicicipi,” ucap Syamsudin mempersilahkan Brigjen Binarko mencobanya.

Tanya jawab keduanya, di lokasi rehab Rutilahu Tinem (80) warga Dusun Kroya Rt. 02 Rw. 03 Desa Pasegeran Kecamatan Pandanarum, di sela-sela kunjungan sang Jenderal meninjau progres rumah sekaligus mengevaluasi output dari pekerjaan yang dilakukan TNI dan warga. Serta mendengarkan tanggapan langsung dari warga perihal saran, masukan dan manfaat dari program TMMD bagi masyarakat guna diteruskan kepada Kepala Staf Angkatan Darat, Jenderal TNI Mulyono di Jakarta.(pendim0704|red|noven)

Bagikan
Informasi  Mobil Baru Indonesia Dealer Mobil Baru Indonesia