Surabaya – Wakil Komandan Lantamal V Kolonel Marinir C.T.O Sinaga mewakili Komandan Lantamal V Laksamana Pertama TNI Edwin, S.H,.M.Han. menghadiri upacara pembukaan Latihan Pengamanan Pemilu Legislatif dan Pemilihan Presiden Wilayah Armada II TA 2019 di Auditorium Puslat Kaprang Kolat Koormada II, Surabaya, Jumat (25/1).

Pangkoarmada II Laksamana Muda TNI Mintoro Yulianto, S.Sos., M.Si. mwmbuka langsung kegiatan latihan yang dihadiri Kaskoarmada II Laksamana Pertama TNI Ahmadi Heri Purwono, S.E., M.M., Danguspurlakoarmada II Laksma TNI Erwin S. Aldedharma, S.E., M.M., M.Sc, Irkoarmada II, Asisten Pangkoarmada II, Danpomkoarmada II, Dankolatkoarmada II, Dansat Koarmada II, Asintel Danlantamal V Kol Laut (T) Herlius Bahtiar, Asops Danlantamal V Kolonel Laut (P) Agus Prabowo, S.E, Perwakilan Wadanlantamal Jajaran Koarmada II dan Kasiops Brimob Kompol Dwi Warsito.

Menurut Pangarmada ll, latihan pengamanan Pileg dan Pilpres dijajaran wilayah Koarmada ll tahun 2019 ini digelar dalam uapaya untuk membantu pihak Kepolisian dalam pengamanan Pemllu legislatif dan presiden tahun 2019 ini.

Latihan ini lqnjutnya, juga merupakan bentuk implementasl tugas TNI sebagai alat pertahanan negara sebagaimana diamanatkan dalam undang-undang No. 34 tahun 2004 tentang TNI.

“Perlu kita ketahui bersama bahwa dalam rangka mewujudkan stabilitas keamanan di wilayah Koarmada II, kita dituntut untuk benantiasa memiliki kesiapan dan kecepatan bergerak, profesional dan mampu digerakan setiap saat dalam pelaksanaan operasi OMO maupun OMSP,” tegasnya.

Untuk itu lanjutnya, pelaksanaan latihan pengamanan Pemilu Legislatif dan Presiden tahun 2019 ini perlu dijadikan media untuk meningkatkan kesiapan Koarmada II dalam rangka menjalankan tugas pokoknya dan untuk mewujudkan sinergitas antara Koarmada II dengan instansi terkait.

Dalam pelaksanaan latihan ini, sedikitnya melibatkan 3.750 personel yang terbagi atas 600 personel sebagai penyelenggara, pelatih dan unsur pendukung serta 3.250 personel dari Lantamal V, VI, VII, VIII dan XIII sebagai unsur pelaku.

Pada latihan ini akan diberikan materi materi tentang teknik, prosedur dan mekanisme permintaan dan pemberian bantuan kepada Polri dalam rangka timbulnya resiko kerugian personel dan material yang tidak perlu.

Ia berharap, antar sesama peserta agar dapat bersama sama mencari solusi terbaik terhadap berbagai permasalahan yang diberikan sehingga latihan ini dapat mencapai hasil yang lebih optimal.(dispenlantamal V|red)

Bagikan
Informasi  Mobil Baru Indonesia Dealer Mobil Baru Indonesia