TARAKAN – Dengan Tema “Armada Sebagai Pengawal Samudera Siap Mewujudkan Prajurit Pejuang, Profesional, Bermoral dan Militan” Wakil Komandan Pangkalan Utama TNI AL XIII (Wadan Lantamal XIII) Tarakan Kolonel Marinir Ali Bahar Saragih, S.E. membacakan amanat Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) pada Upacara Peringatan Hari Armada RI Tahun 2019 yang berlangsung di Lapangan Apel Mako Lantamal XIII Jl. Sei Ngingitan, Kelurahan Mamburungan, Kecamatan Tarakan Timur, Kota Tarakan, Provinsi Kalimantan Utara, Kamis (05/12/19).

Bertindak sebagai Komandan Upacara Mayor Laut (S) Joko Maryono yang sehari-hari menjabat sebagai Kepala Bagian Akuntansi dan Pelaporan Keuangan (Kabag APK) Keuangan Wilayah (Kuwil) Lantamal XIII, dan bertindak sebagai Perwira Upacara Letda Laut (KH) Didi Laswono, Amd yang sehari-hari menjabat sebagai Perwira Urusan Tata Usaha (Paur Tu) Staf Potensi Maritim (Staf Potmar). Pada Amanat Kasal Yang dibacakan oleh Wadan Lantamal XIII menyampaikan bahwa Hari Armada RI mempunyai arti penting bagi segenap prajurit dimanapun bertugas bahwa sampai saat ini Armada RI masih menjadi pilar TNI AL dalam menegakkan kedaulatan dan keamanan negara di laut sekaligus sebagai wujud menghargai nilai heroisme dan semangat pengabdian tanpa pamrih para pendahulu kita dalam mempertahankan dan mengisi kemerdekaan. Dinamika keamanan ditingkat global dan regional begitu cepat berubah, untuk itu seluruh jajaran Angkatan Laut termasuk Armada RI harus dapat mengantisipasi dan menghadapinya dengan memperkuat sumberdaya manusia yang dimiliki.

Dengan disetujuinya Peraturan Presiden No 66 Tahun 2019 tentang Komando Armada RI, maka Komando Armada RI membawahi tiga Komando Armada yakni Komando Armada I, Komando Armada II dan Komando Armada III dengan harapan respon cepat dari segala bentuk ancaman dapat dilaksanakan dengan tepat dan cepat. Rencana pembangunan kekuatan Angkatan Laut pada Restra ketiga atau MEF kedua tahun 2020-2024 akan memprioritaskan kesiapan operasional sebagai jawaban terhadap kebutuhan pertahanan pada Interoperabilitas Trimatra Terpadu TNI dengan memadukan kuantitas dan kualitas alutsista yang dipadukan dengan kualitas profesionalisme personel berserta organisasinya dalam bentuk kekuatan yang siap dioperasionalkan atau Operational Ready Force.

“atas nama Negara dan TNI serta TNI AL saya ucapkan selamat atas penyematan Tanda Kehormatan dan Satya LencanaKesetiaan kepada prajurit dilingkungan TNI AL atas pengabdian dan dedikasi yang telah diberikan, saya enyampaikan rasa bangga kepada seluruh personel TNI AL serta dukungan moril para sesepuh dan keluarga besar TNI AL yang telah membangun dan mengabdikan diri untuk kebesaran TNI AL, selanjutnya saya ucapkan Dirgahayu Republik Indonesia, semoga semangat Hari Armada memotivasi kita semua untuk selalu berupaya meningkatkan kinerja individu dan satuan” imbuhnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain, Wadan Lantamal XIII Kolonel Marinir Ali Bahar Saragih, S.E., Para Asisten Danlantamal XIII, Para Kasatket Lantamal XIII, para Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS Lantamal XIII serta Prajurit Yonmarhanlan XIII.(Dispen Lantamal XIII|red)

Bagikan
Informasi  Mobil Baru Indonesia Dealer Mobil Baru Indonesia