oleh

Warga Baru Yonif Mekanis 411 Kostrad Laksanakan Tradisi Masuk Satuan

   PB|Semarang – Kegiatan tradisi merupakan kegiatan pembinaan yang diwariskan para pendahulu dan mengakar dalam sendi kehidupan prajurit Batalyon Infanteri Mekanis 411 Kostrad. Hal ini sangat penting, mengingat jiwa korsa dan semangat pengabdian yang tinggi, merupakan salah satu kunci keberhasilan prajurit dalam melaksanakan berbagai  bentuk  penugasan. Dengan semangat patriotisme tinggi, maka akan terbentuk prajurit yang handal dan profesional.Sebanyak 73 personil warga baru Yonif Mekanis 411 Kostrad yang terdiri dari 3 Pewira, 6 Bintara dan 64 Tamtama melaksanakan tradisi masuk satuan selama 5 hari. Kegiatan tradisi tersebut dikemas dengan mengaplikasikan berbagai macam kegiatan taktik dan teknik militer, meliputi materi Pertahanan Basis Operasi Depan (Han BOD), kompas siang dan malam, renang militer 50 meter dan patroli keamanan di wilayah sekitar gunung payung.Puncak kegiatan tradisi tersebut dengan melaksanakan Long Mars sejauh 30 Km menuju puncak Gunung Telomoyo, Kabupaten Semarang. Setibanya dipuncak, seluruh warga baru kembali lagi menuju asrama untuk melaksanakan kegiatan penyambutan oleh seluruh prajurit Yonif Mekanis 411 Kostrad yang dilanjutkan dengan penciuman tunggul Batalyon dan penyiraman air kembang.

Dengan adanya tradisi penerimaan masuk Satuan ini diharapkan menjadi pengalaman berharga bagi anggota baru, sehingga dapat menumbuh kembangkan rasa kecintaan dan kebanggaan terhadap Satuan serta malu untuk berbuat pelanggaran yang dapat merusak nama baik Satuan.Komandan Batalyon Letkol Inf Ryzadly Syahrazzy Themba, S.Sos. menyampaikan, “Tradisi ini tidak saja dimaksudkan untuk memberikan dorongan semangat dalam melaksanakan tugas yang akan datang, namun juga untuk menanamkan rasa bangga dan pengakuan sebagai prajurit Yonif Mekanis 411 Kostrad”, pungkasnya.

“Selain itu, tradisi juga bertujuan untuk menanamkan sikap disiplin kepada setiap warga baru, karena disiplin merupakan nafas kehidupan yang harus benar-benar melekat dan menjadi bagian hidup sebagai seorang prajurit, sehingga dapat membawa keberhasilan dan prestasi bagi Satuan”, tambah Ryzadly.(Pendiv2|red)

Baca Juga