PB|PURBALINGGA – Dalam era digital sekarang ini minat baca masyarakat perlahan tergantikan oleh kecanggihan teknologi dan fasilitas yang disediakannya. Efek dari era digital ini melingkupi hampir dari segala aspek baik umur, status, hingga jenis kelamin. Maka dari itu perpustakaan sebagai lembaga yang bersangkutan langsung terhadap fenomena ini mengambil langkah-langkah yang mendukung agar program minat baca masyarakat dapat kembali digalakan, salah satunya yaitu dengan program perpustakaan keliling.

Perpustakaan keliling merupakan suatu program yang memudahkan akses masyarakat yang susah untuk menjangkau fasilitas dan ketersediaan perpustakaan umum yang jauh dari lokasi tempat tinggal mereka.

Perpustakaan keliling menyediakan buku-buku yang beragam dari segala edisi yang ada terutama bagi anak-anak, sebagaimana kita ketahui bahwa memupuk minat baca pada usia dini dapat menghasilkan budaya baca yang konsisten dan beragam dikarenakan rasa ingin tau anak-anak yang tinggi.Salah satu rangkaian dalam pembangunan Non Fisik TMMD Reguler ke-101 Kodim Purbalingga adalah ikut mendukung gerakan gemar membaca anak-anak.

Untuk itulah Satgas TMMD Reg 101 menggandeng Dinas Arsipan Kab. Purbalingga, mendatangkan 1 unit mobil perpustakaan keliling dalam mensukseskan program TMMD Reguler ke-101 Kodim 0702 Purbalingga.

Tak mau kalah dengan murid-murid SDN 1 Karangjambu, Serka Widyo salah satu anggota Satgas TMMD Purbalingga tampak berebut buku dengan para murid tersebut untuk mencari buku yang bermanfaat bagi dirinya. Untuk itulah Serka Widyo, anggota Satgas TMMD berebut dengan puluhan anak-anak untuk membaca buku yang dibawa mobil perpustakaan keliling dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Purbalingga di halaman SD Negeri 1 Karangjambu. Sabtu (28/4/18).

Banyak keuntungan yang didapatkan dari adanya perpustakaan keliling ini, baik untuk individu maupun kelompok. Maka dari itu manfaatkanlah sebaik-baiknya layanan dari perpustakaan keliling ini dan jadikan sebagai motivasi untuk menggalakan kembali minat baca masyarakat.(Pendim 0702|red)

Bagikan
Informasi  Mobil Baru Indonesia Dealer Mobil Baru Indonesia