warga-pitulasi-berlatih-seni-tari-kuda-lumping-sambut-gubernur-2PB | Cilacap – Seni tradisional Dusun Pitulasi dipelajari, untuk Menyambut kedatangan Gubernur , mereka dengan riang dan antusias, gembira memainkan tari-tarian tradisional kuda lumping, Senin (19/09/2016) malam.

Menurut Pasiter Kodim 0703/Cilacap, Kapten Inf Tugirun, “Warga Dusun Pitulasi dari dewasa sampai anak-anak dengan antusias mempelajari dan mempraktekkan seni budaya tradisional kuda lumping asli Dusun Pitulasi.
Selain pagelaran seni Kuda lumping, kegiatan bersama dalam rangka menyambut Gubernur juga menggelar kotekan lesung yang diselenggarakan oleh kelompok wanita tani setempat.warga-pitulasi-berlatih-seni-tari-kuda-lumping-sambut-gubernur-1
Musik ini identik dengan masyarakat petani atau pedesaan yang memang mata pencahariannya adalah petani ( masyarakat agraris ). Masyarakat pada saat itu memang masih sangat rukun dalam kehidupan bertetangga walau satu rumah dengan rumah yang lain sangat jauh tidak seperti sekarang yang penuh berdesakan. Saling bahu membahu, bergotong royong.

Adanya seni seni tradisional kotekan lesung ini ditampilkan karena TMMD Ke-97 Kodim 0703/Cilacap di Dusun Pitulasi Desa Mekarsari ini fokus terhadap swasembada pangan, atas terwujudnya pembangunan saluran irigasi dan rumah pompa serta kesejahteraan lainnya.” Ujar Pasiter Kodim 0703/Cilacap Kapten Inf. Tugirun. (PENDIM/0703/red)

Bagikan
Informasi  Mobil Baru Indonesia Dealer Mobil Baru Indonesia