PB|DEMAK – Guna meningkatkan pengetahuan dan kinerja seluruh Babinsa, Kemampuan teritorial harus selalu diasah dengan baik, sehingga bisa diterapkan di tengah-tengah masyarakat yang kian berkembang seiring perubahan kondisi sosial ekonomi dan budayanya. Menyikapi masalah tersebut Kodim 0716/Demak menggelar Latihan Teknis Teritorial (Latnister) tahun 2018 di Aula Makodim Jln Kyai Singkil No.01 Demak, Senin, (19/03/2018). Kegiatan tersebut diikuti sekitar 157 prajurit terdiri dari Danramil dan Babinsa Jajaran Kodim 0716/Demak.  Latihan akan digelar selama 5 hari.  “Saya minta seluruh anggota Babinsa mengikuti kegiatan ini dengan baik agar mampu diaplikasikan kepada masyarakat di Desa/Kelurahan binaan masing-masing,” Pinta Dandim 0716/Demak Letkol Inf Abi Kusnianto saat membuka latihan.

Abi mengungkapkan, Latnister digelar sebagai upaya menambah wawasan Babinsa. Sehingga dapat melaksanakan tugas sesuai harapkan.

Babinsa adalah ujung tombak TNI. Semoga ilmu dan wawasan yang didapat dalam latihan ini mampu diaplikasikan seiring degan perkembangan tehnologi,” harapnya.

Usai menerima ilmu, wawasan dan teori dalam pelatihan, para Babinsa ini akan melaksanakan praktek langsung guna mengaplikasikan di lapangan terutama dalam hal pengumpulan data serta kegiatan lapangan,

Sebagai pemberi materi Latnister kali ini Danramil 05/Mijen Kapten Inf Mulyadi mengatakan, bahwa kegiatan Latnister bertujuan memelihara dan meningkatkan penguasaan dan keterampilan aparat Kodim 0716/Demak agar memiliki kecakapan dalam tugas baik secara perorangan maupun dalam hubungan kelompok.

Pembinaan teritorial merupakan tatanan yang bercorak kewilayahan dan di dayagunakan untuk mengolah potensi wilayah meliputi geografi, demografi, maupun kondisi sosial menjadi kekuatan yang siap diperlukan untuk kepentingan pertahanan Negara,”kata Danramil Mijen.

Danramil Mijen menambahkan, dalam materinya bahwa kemampuan perorangan yang meliputi kemampuan mendapatkan informasi dan melaporkan dengan cepat, kemampuan berkomunikasi dengan masyarakat di sekitarnya.”Kemampuan meningkatkan kesadaran bela negara kepada masyarakat dan kemampuan penguasaan medan,”kata Mulyadi.(Pendim 0716/Demak|Red-PB)

Bagikan
Informasi  Mobil Baru Indonesia Dealer Mobil Baru Indonesia