Diponegoro – Dalam rangka memperingati Hari Raya Idul Adha 1439 H Prajurit Yonarmed 11/76/GG/1/2 Kostrad melaksanakan ibadah Sholat Idul Adha bersama masyarakat di Lapangan Rindam IV/Diponegoro dan dilanjutkan pemotongan hewan kurban. (22/8).  Pada pelaksanaan Hari Raya Idul Adha 1439 H yang sekaligus diperingati sebagai ibadah kurban, sebanyak 10 hewan kurban yang terdiri dari 2 ekor sapi dan 8 ekor kambing telah disiapkan oleh panitia kurban Yonarmed 11/76/GG/1/2 Kostrad untuk selanjutnya dipotong dan dibagikan kepada masyarakat. Pemotongan hewan kurban dilakukan di halaman Mushola Al-Khansa yang dibantu oleh prajurit Yonarmed 11/76/GG/1/2 Kostrad.

Sertu M. Taufik Najamudin selaku jagal hewan kurban mengungkapkan “Hukum ibadah kurban adalah sunnah muakkadah, atau sunnah yang sangat dianjurkan. Pemotongan hewan kurban ini merupakan wujud ungkapan rasa syukur dan suatu kebahagian bagi kita, umat islam khususnya di Yonarmed 11/76/GG/1/2 Kostrad dalam menyambut datangnya Hari Raya Idul Adha 1439 H yang mana dalam maknanya yaitu untuk lebih meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT.”

“Peristiwa yang mengawali adanya ibadah kurban adalah peristiwa perintah Allah kepada Nabi Ibrahim yang mana diperintah untuk menyembelih putranya yaitu Nabi Ismail, akan tetapi dikarenakan keikhlasan dan ketaqwaan Nabi Ibrahim bersedia untuk menyembelih putranya sendiri, Allah SWT mengganti Nabi Ismail dengan hewan sembelihan yang besar” ungkapnya.

Daging hewan kurban akan disalurkan secara langsung oleh panitia kurban kepada masyarakat yang datang ke Yonarmed 11/76/GG/1/2 Kostrad. Selain itu, juga dibagikan kepada warga kurang mampu yang berada disekitar wilayah Yonarmed 11/76/GG/1/2 Kostrad.

“Penyerahan daging hewan qurban kepada masyarakat disekitar Yonarmed 11/76/GG/1/2 Kostrad ini bertujuan untuk menumbuhkan rasa syukur dan kecintaan kepada Allah SWT dan juga bertujuan untuk menumbuhkan sikap saling berbagi kepada masyarakat karena Hari Raya Idul Adha atau disebut juga hari raya kurban merupakan sarana berbagi kepada sesama selain meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT yang salah satunya yaitu melalui kegiatan berkurban,” tegas Serka Susilo selaku Takmir Mushola Al Khansa Yonarmed 11/76/GG/1/2 Kostrad.(penkostrad|red|noven)

Bagikan