oleh

Yonbekang 2 Kostrad Terima Penyuluhan P4GN Dari Kesdam V/Brawijaya

  PB|Surabaya – Prajurit Yonbekang 2 Kostrad menerima sosialisasi serta penyuluhan Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN), yang diadakan oleh Kesehatan Kodam V/Brawijaya dan di hadiri sebanyak 156 orang anggota Militer, Senin (11/10). Acara yang diselenggarakan di Aula Yonbekang 2 Kostrad ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada prajurit, tentang dampak negatif Narkoba, sehingga diharapkan para prajurit mendapatkan gambaran dalam upaya mencegah diri dan keluarga dari pengaruh bahaya Narkoba serta kegiatan ini merupakan aksi nyata untuk membentengi para prajurit beserta keluarganya dari pengaruh Narkoba, mengingat peredaran Narkoba sudah merambah disegala lini dan lapisan masyarakat, termasuk di lingkungan militer.

Dalam kegiatan ini diawali dengan sambutan Wadanyonbekang 2 Kostrad Kapten Cba R.H. Simatupang, S.Kom. menyampaikan bahwa untuk menanggulangi bahaya narkotika diperlukan kebijakan dan strategi kampanye atau sosialisasi tentang bahaya Narkoba yang komprehensif, multi disiplin, terkoordinasi serta terpadu, konsisten, tepat waktu, berkelanjutan dan keterkaitan. Sementara itu, hadir dari Kesdam V/Brw diantaranya Lettu Ckm Partono katim Penyuluhan Kesehatan, dr. Sri wahyuni pemberi materi, Pelda Subardi, Serka Dwi Aroh, PNS II/d Erna Yusmiastutik. Dalam hal ini dr. Sri Wahyuni menyampaikan bahwa peredaran Narkoba di Indonesia saat ini sudah sangat membahayakan dan sudah masuk pada tingkat darurat. Lebih lanjut dr. Sri Wahyuni mengatakan, “Panglima TNI sudah menekankan kepada seluruh prajuritnya bahwa siapapun yang terlibat dengan Narkoba, menyebarkan atau sekedar menggunakannya akan diberikan sanksi tegas berupa pemecatan”, tambahnya.

Lebih lanjut dr. Sri Wahyuni menyampaikan bahwa para pengguna Narkoba di Indonesia semakin tahun semakin meningkat jumlahnya, hal ini disebabkan karena ingin coba-coba, gaya hidup (lifestyle) dan adanya tekanan hidup yang mengakibatkan penggunanya mengalami gangguan kesehatan dan kejiwaan menurutnya, ciri-ciri pengguna Narkoba dapat dilihat dari adanya perubahan tingkah laku, pergaulan lingkungan, kebiasaan dan gaya hidup yang tak lazim serta adanya penurunan/gangguan kesehatan secara fisik dan mental. Pada kesempatan itu, dilakukan juga diadakan sesi tanya jawab yang dilaksanakan oleh prajurit Yonbekang 2 Kostrad kepada pemberi materi dr. Sri Wahyuni dan dilaksanakan pemeriksaan urine terhadap 132 orang prajurit Yonbekang 2 Kostrad secara acak oleh tim dari Kesdam V/Brw.(Pendiv2|red)

Baca Juga