Merauke – Batalyon Infanteri 755/Yalet Kostrad menggelar sosialisasi budidaya ikan lele untuk masyarakat Merauke guna membantu pemerintah daerah dalam mensejahterakan masyarakat.

Disampaikan Oleh Danyonif 755/Yalet Kostrad Letkol Inf Agus Rediyanto, S.E dalam rilis tertulisnya di Merauke, Rabu (09/10/2019)

Menurutnya, bantuan pengembangan usaha budi daya perikanan air tawar dengan mengenalkan sentuhan teknologi pola bioflok tersebut merupakan upaya pemerintah mendorong pelaku usaha agar semakin serius menggeluti usahanya.

Kegiatan ini bertujuan memperkenalkan kepada masyarakat serta pelatihan secara singkat tentang bimbingan teknis untuk mengenali sistem bioflok dalam rangka membantu berbagai kelompok pembudidaya perikanan untuk meningkatkan hasil produksi mereka,” terangnya.

“Penerima sosialisasi harus dituntut benar-benar tahu secara teknis, bagaimana budidaya bioflok dikarenakan Pemda Kab. Merauke berencana memberikan bantuan budidaya lele sistem bioflog kepada 3 kampung antara lain Kampung Urumb, Kampung Waninggap Nanggo dan Kampung Matara,” jelasnya.

“Oleh sebab itu kita bekerjasama dengan Dinas Perikanan Kab. Merauke untuk memfasilitasi masyarakat dalam belajar dan berlatih budidaya ikan Lele dengan sistem bioflog,” pungkasnya.

Diikuti setidaknya 25 orang peserta, kegiatan tersebut diawali dengan pemberian materi dari Dinas Perikanan tentang pengenalan bioflog, jenis penyakit yang diderita ikan dan cara mengatasinya.

Sedangkan perwakilan dari Yonif 755/Yalet Kostrad Kopral Dua Daryono memberikan penjelasan praktek tentang cara pembuatan kolam ikan sistim bioflog dan tata cara pemeliharaan Lele sistim bioflog.

Kepala bidang budidaya Bapak Amandus warip S.St.Pi yang saat itu turut hadir dalam kegiatan menyampaikan bahwa bioflog milik Yonif 755/Yalet merupakan bioflog pertama kali di Kab. Merauke dan dari sinilah masyarakat Merauke akan belajar.

“Kami atas nama Pemda mengucapkan banyak terima kasih kepada Yonif 755/Yalet Kostrad atas kerjasamanya serta sudah mau memfasilitasi masyarakat untuk berlatih budidaya ikan lele, sehingga harapan kita kedepan perekonomian di Kab. Merauke ini mengalami peningkatan khususnya di bidang perikanan,” tambahnya.(penkostrad|red)

Bagikan
Informasi  Mobil Baru Indonesia Dealer Mobil Baru Indonesia